Berani Menghalau Musuh Terbesar Anda?

peringatan memen

Jika ada seorang yang begitu bersikukuhnya menghalangi anda. Dia sangat antusiasnya membuat anda menyimpang dari rencana-rencana anda. Hobinya hanya menggembosi anda. Bahkan dia perintang terbesar dalam upaya anda untuk mencapai keberhasilan, maka gelar apa yang anda sandangkan untuk orang itu? Ya, anda akan menyebut dia “musuh”.

Sekarang bagaimana jika orang yg menghalangi anda itu rupanya “diri anda sendiri”, apa tanggapan anda?

Memang sadar tak sadar, ada bagian dari diri anda yang kerjanya hanya membuat anda takut dan ragu. yang selalu memberi bayangan-bayangan negatif setiap kali anda mau melangkah maju. Diri anda yang selalu berbisik “saya akan gagal, saya gak akan mampu melakukannya, saya akan kalah, lebih baik saya melakukan yg enak2 saja” dsb.

Anda sering mengira musuh itu adanya diseberang sana. Padahal tanpa disadari “si dia” yg begitu terlibat dlm kehidupan anda dan selalu bersama anda ketika bercermin adalah penghalang terbesar sukses anda.

Ya si “aku” dalam diri anda. Si “aku’ yang egois, manja, malas, selalu ingin dipuaskan, benci pada kesulitan, cepat bosan, gampang patah semangat, mudah tersinggung, penakut, minder, peragu, mudah tergoda, hoby tidur dan berkhayal. Si “aku” inilah musuh terbesar anda sebenarnya. Dia yang andilnya paling besar dalam kegagalan-kegagalan anda. Dia yg paling sering memperbudak anda, dia yang meludahi akal bila akal anda menasehatinya. Maka si “aku” inilah syetan dalam diri anda. Musuh yang harus dikekang dan dihalau agar dia jadi tawanan anda -bukan sebaliknya. Sekarang; Apakah anda berani melawannya? Apakah anda berani keluar dari kebiasaan buruknya?

Hem. Ngomong2..siapa sebenarnya si “aku” tersebut?

Ketahuilah; Dia tidak lain adalah hawa nafsu anda sendiri.

<> memen.wordpress.com <>

3 Comments

  1. Assalamualaikum
    saya sepakat artikel ini sangat pas momentumnya utk bulan ramadhan ini. krn momentum ramadhan sangat cocok untuk menggembleng kita menjadi pribadi yang bisa mengendalikan hawa nafsu kita. mari dibulan yg penuh berkah ini kita berlatih mengendalikan musuh besar kita ini. yakni nfsu amarah. ingat! JIHAD TERBESAR ADALAH MELAWAN HAWA NAFSU KITA!
    wassalamualaikum.

Tinggalkan Balasan

