Sunnah Yang Lebih Utama Daripada Wajib

Selama ini mungkin kita berparadigma bahwa sesuatu yang dihukumi wajib selalu lebih utama daripada yang dihukumi sunnah. Nah tahukah anda bahwa ternyata ada beberapa amalan sunnah yg kedudukannya lebih utama daripada amalan wajib.. apa sajakah itu:

1) ucapan salam > menjawab sapaan salam dari seseorang hukumnya wajib sdangkan memulai memberi salam hukumnya sunnah. Akan tetapi memulai memberi salam lebih utama kedudukannya daripada menjawab salam.

2) Menolong tetangga miskin yang sdang sangat kesusahan> anda mungkin pernah menemukan cerita yg sohih ttg seorang yg batal naik haji karena mengalihkan harta naik haji tsb untuk menolong tetangganya yg sedang kesusahan. Lalu ada orang lain yg bermimpi bahwa para muslimin yang naik haji di tahun tersebut ternyata hampir tak seorangpun yg mendapat derajat mabrur kecuali satu orang, Yakni Si orang -yang tdk jadi naik haji krn menolong tetangga- tersebut. Org tsb secara syariat memang tlah dikenakan wajib haji krn telah memiliki kemampuan. Tp pada kondisi ada tetangga yg sangat butuh pertolongan maka menolong mskipun hukumnya sunnah adalah lebih didahulukan.

3) Hadiah : kita mengetahui bahwa zakat itu hukumnya wajib sdangkan hadiah itu hukumnya sunnah. Akan tetapi penerima hadiah itu lebih utama daripada penerima zakat. Krn itu Rasululloh menolak zakat tp menerima hadiah

Ket : scara istilah/syar’i, keutamaan itu bisa dimaksudkan pada fiil (pekerjaannya), fail (pelakunya), dan maf’ul (objek yg dikenai tindakan). utk point 1) keutamaan berada pada failnya yakni yg mendahului salam lebih utama drpd yg menjawab salam mski fiil/pekerjaannya sama persis yakni “salam”. utk point 2) yg utama adalah fiilnya meski fail/pelakunya sama yakni menolong orang yg dalam keadaan sangat membutuhkan sangat diutamakan dibandingkan bila kita naik haji dalam keadaan masih menanggung kewajiban menolong tetangga. sdngkan point 3) adalah maf’ulnya krn yg menerima hadiah lbih utama dr yg mnerima zakat

() memen.wordpress.com ()

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s