Ridho, Kunci Menghadapi Kenyataan

pilarBagaimana reaksi anda ketika tiba-tiba seekor cecak mendaratkan kotorannya tepat di kepala anda? Ada beberapa kemungkinan; anda akan marah sambil memburu cecak tersebut, atau bisa pula anda ridho atas kebodohan si cecak sambil kemudian introspeksi diri.

kemungkinan kedua adalah pilihan yang paling bijak. Mengapa? Karena tidak ridha pun kotoran itu sudah terlanjur kena di kepala dan marah tidak akan membersihkannya.

Ridho adalah sebuah pilihan. Ia merupakan keterampilan yang perlu dikuasai siapapun yang ingin bahagia dalam hidupnya. Meski demikian ridha bukan berarti pasrah total dan menafikkan adanya ikhtiar. Sebab ridha merupakan amalan batiniyah. Sedangkan ikhtiar merupakan amalan yg sifatnya dzohiriyah. Dua hal ini alamnya berlainan.

Sebagai ilustrasi, ketika anda sakit gigi misalnya, maka hati anda harus ridho menerima ketentuan Alloh itu. tapi disaat yang sama, tetap harus ada upaya untuk mengobatinya seperti pergi ke doker gigi atau lainnya.

Keterampilan anda untuk bersikap ridho menghadapi realitas kehidupan akan mempengaruhi kualitas hidup anda secara keseluruhan. Orang yang hatinya ridho terhadap semua ketentuan Alloh akan tenang, mudah bersyukur, dan akan mampu menyelesaikan setiap permasalahan dengan cara yang paling baik. Sebab dia akan menguasai keadaan dan bukan keadaan yang menguasainya. Dia yang akan memimpin bukan dia yang dipimpin oleh keadaan.

Permasalahan hidup terbesar sebenarnya tidak terletak pada permasalahan itu sendiri, tapi berada pada sikap anda dalam menghadapinya. Dan sikap ridho adalah kuncinya. kunci untuk pantang mengeluh, pantang panik, dan pantang menjadi beban.

<> memen.wordpress.com <>

3 Comments

  1. tuk mb yuyun; ridha memang bukan perkara mudah, tp justru disitu ujiannya. setiap orng psti merasakan kehilangan org yg ia cintai. cpat ato lambat. jd permasalahannya adalah bgmn sikap qt ktika mngalami ujian tsb. saya ingat suatu ungkapan bhwa baik menurut qt blum tntu baik mnurut Allah buruk mnurut qt blum tntu buruk bagi Allah. artinya khilangan apa yg qt cintai mgkin qt menganggapnya buruk tp disisi Allah mgkin itu yg terbaik buat qt. maaf bila ada kt yg salah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s