Tips Introspeksi Diri

memperhatikan-amal-copy1Berbicara tentang masa depan gemilang artinya berbicara tentang bagaimana melewati hari hari dengan pengambilan keputusan yang tepat. Orang-orang sukses sangat mengerti tentang ini. Lalu bagaimana dengan kita? Apakah kita yakin dan sadar dengan keputusan yang kita ambil setiap hari?

Introspeksi diri, inilah kunci agar kita peka dengan keputusan yang kita ambil untuk kemudian semakin terampil kedepannya. Dengan introspeksi diri-lah akan meningkat kualitas keputusan yang dibuat setiap harinya, karena bertambah kepekaan akan kesalahan keputusan masa lalu sehingga tidak lagi terulang.

Umar Bin Khattab Berkata : “hisablah dirimu sebelum kamu dihisab dan timbanglah dirimu sebelum dirimu ditimbang”. Anjuran Umar tersebut mengandung kemaslahatan yang banyak dan dengan introspeksi diri kita bisa maraih kemaslahatan tersebut.

Lalu bagaimana kiat introspeksi diri yang efektif?

Caranya adalah dengan melalui beberapa tahapan yang teratur agar nampak jelas point-point pentingnya. Tahapannya adalah :

  1. Mulai dari introspeksi kewajiban. Yakni mengevaluasi hal-hal yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita seperti amanah ditempat kerja, ibadah sholat, tanggung jawab keluarga, dsb. Bila dinilai ada kekurangan segera diperbaiki
  2. Introspeksi pelanggaran. Jika ada larangan yang dilanggar seperti ditilang, berbuat dosa, menyakiti hati orang lain, dsb, maka segera menyesal dan berjanji tidak mengulangi, bertaubat, istighfar, dan menghapusnya dengan kebajikan-kebajikan.
  3. Introspeksi kelalaian. Yakni melihat berapa waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik, atau peluang-peluang yang sudah terlewatkan, agar kedepannya lebih cekatan lagi.
  4. Introspeksi niat. Yakni mencermati apa niat yang sering muncul dari setiap perbuatan yang dilakukan. Bila banyak niat jelek atau ingin dipuji-puji. Segera sadari, istighfar dan luruskan.

Demikianlah tahapan introspeksi agar introspeksi itu tidak boros waktu dan dapat memunculkan point-point kesimpulan yang jelas dan bermanfaat.

Mari, evaluasi tindakan kita sebelum kita dievaluasi oleh yang Maha Tinggi.

<memen.wordpress.com>

5 Comments

  1. So, starting saving money by giving up your appliances is not a solution.
    The fossil fuels which are currently used to generate power are predicted to run out completely
    within the next one hundred to one hundred
    and fifty years. I fall into the believers category when it comes to climate change but even if I didn’t I would still feel that the less we pollute the atmosphere
    the better.

  2. Принимая решение купить в магазине СТО-Сервис или приобрести в Украине оборудование для своей СТО, вы можете быть уверенными в хорошем качестве товара. Надёжность и долговечность при сравнительно низкой стоимости необходимых в работе агрегатов уже давно убедили многих владельцев СТО в правильности выбора, сделанного ими в своё время. Останавливая свой выбор именно на нашем оборудовании, вы будете изумлены оптимальным соотношением «цена/качество».
    Автосервисное оборудование

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s