Tips Menentukan Pilihan Diantara Beberapa Pilihan

memenwordpresscom

Alhamdulillah akhirnya libur juga. Ah! Saya akan gunakan libur kali ini buat menata ulang kamar saya. tapi apakah perlu menata ulang kamar saya?. hem. Bukankah yg seperti sekarang sudah cukup nyaman untuk ditempati. Trus apakah saya perlu beli dipan atau biarkan kasur menyentuh lantai jadi tetap terkesan santai. mmm, lemari buku ini apa perlu saya susun ulang atau susunan skrg sudah cukup rapi ya. Trus korden kamar ini cocoknya warna biru ato warna hijau ya?. Ah pusing. Ntar aja de dipikir lagi. Mending skarang tidur siang dulu. zZZzzz..

Saya rasa anda pernah mengalami hal yang sama dengan cerita saya diatas, bahwa memutuskan pilihan diantara beberapa pilihan merupakan suatu hal yang amat sulit. Rasanya seperti perenungan yang tidak ada ujungnya. Nah! Tahukah anda apa yang membuat proses memilih menjadi sulit?

Kesulitan itu sebenarnya muncul karena tidak adanya indikator yang jelas. Misal kita memilih warna ini pertimbangannya apa? Kenapa bukan warna itu. Atau apa latar belakang sehingga pekerjaan itu yg saya lamar, mengapa bukan yg lain saja. Dsb.

Semakin tidak paham indikator yg dijadikan dasar dalam memilih maka semakin bingung kita jadinya. So! tetapkan dulu indikatornya. Tapi sayangnya, penetapan indikator juga sering membingungkan karena memilih indikator sendiri merupakan sebuah proses memilih yg lagi-lagi membingungkan. Jadi kapan persoalan ini akan selesai?

Nah! sebenarnya semua tidak sampai serumit itu. Proses memilih bisa menjadi sangat simpel bila kita tahu “pertanyaan kuncinya”. Sekarang apa pertanyaan kunci yg dimaksud?; pertanyaan kunci tsb adalah: “APA PILIHAN YANG BISA MEMBUAT ANDA MERASA HIDUP?”.

Jadi bila ada beberapa pilihan maka pilih apa yang paling membuat anda merasa hidup. Misal dalam memilih pekerjaan, Jika menjadi PNS mematikan bakat dan kreatifitas anda, maka PNS bukanlah pekerjaan terbaik buat anda. Cari pekerjaan lain yg bisa menggali potensi maksimal anda sehingga eksistensi anda lebih terasa. Begitupun dalam memilih pasangan, jika dengan si dia anda justru akan banyak tertekan dan mungkin saja kehilangan jati diri maka dia bukan orang yg pantas diharapkan untuk dijadikan pasangan. Cari orang lain yg lebih bisa membuat anda jadi merasa hidup. Ini juga berlaku untuk perkara lain yg lebih sederhana. Misal dalam menata kamar tidur, memilih jenis pakaian, sepatu, dsb. Semua baiknya diputuskan berdasar pertanyaan “mana pilihan yang bisa membuat saya menjadi lebih hidup?”.

Saya sendiri kalau memilih pakaian suka dengan yg longgar karena lebih menguatkan karakter saya yg senengnya santai tapi serius. Dgn berpakaian longgar gerakan terasa lebih enjoy dan bikin hidup saya lebih hidup. Saudara saya beda lagi. Dia kalau memilih baju suka dengan jenis kaos yg ketat karena baginya akan memperjelas otot-ototnya yg kekar, maklum anak fitness.

Semua pilihan dalam hidup umumnya sah-sah saja sebab pilihan tersebut terkadang bukan bicara tentang salah dan benar, tapi tentang cocok dan tidak cocok. Maka dalam memilih, pilihlah yang paling cocok buat anda, Yakni apa yang membuat anda merasa lebih hidup.

memen.wordpress.com

5 pemikiran pada “Tips Menentukan Pilihan Diantara Beberapa Pilihan

  1. thnx 4 this article
    Tips Menentukan Pilihan Diantara Beberapa Pilihan
    tips memilih pekerjaan
    tips memilih pasangan
    tips memilih istri hahah..
    smua dah dirangkum disini..good.. lagi2 excelent article.

Tinggalkan Balasan

